Subscribe:
Favicon1
Tukeran Banner

Kamis, 02 Februari 2012

Persiapan Untuk Olimpiade London 2012

Olimpiade Musim Panas 2012, secara resmi bernama Games of the XXX Olympiad atau "Olimpiade London 2012", akan dilaksanakan di London, Inggris, Britania Raya mulai tanggal 27 Juli sampai 12 Agustus 2012. London akan menjadi kota pertama yang secara resmi mengadakan Olimpiade modern sebanyak tiga kali, setelah tahun 1908 dan 1948.

London terpilih sebagai kota penyelenggara pada tanggal 6 Juli 2005 pada Pertemuan IOC ke-117 di Singapura, mengalahkan Moskwa, New York City, Madrid, dan Paris setelah empat putaran pemungutan suara. Pengundian London ini dipimpin oleh mantan juara Olimpiade Sebastian Coe.
Olimpiade ini mendorong dilaksanakannya pembangunan ulang beberapa daerah di London tempat diadakannya pertandingan dengan tema keberlanjutan lingkungan. Meski pertimbangan anggaran menuai sejumlah kritik, Olimpiade ini akan memanfaatkan gelanggang olahraga yang sudah dibangun sebelum undian, termasuk Wembley Stadium, Wembley Arena, Wimbledon All England Club, Lord's Cricket Ground, The O2 Arena, Earls Court Exhibition Centre, Weymouth and Portland National Sailing Academy, dan Excel Centre.


Olimpiade dan Paralimpiade 2012 akan memanfaatkan berbagai gelanggang baru, fasilitas lama maupun yang sudah ada, dan fasilitas sementara, sejumlah di antaranya berada di tempat-tempat terkenal seperti Hyde Park dan Horse Guards Parade. Beberapa fasilitas baru akan digunakan kembali dalam bentuk Olimpiadenya, sementara sisanya akan diperbesar atau direlokasi. Sebagian besar gelanggang dibagi menjadi tiga zona di London Raya: Olympic Zone, River Zone, dan Central Zone. Selain itu, ada pula gelanggang di luar batas London Raya, seperti Weymouth and Portland National Sailing Academy di Isle of Portland di Dorset yang menjadi tempat penyelenggaraan pelayaran, sekitar 125 mil (200 km) di barat daya Olympic Park. Turnamen sepak bola akan diadakan di beberapa lapangan di seluruh Britania. Pembangunan Park dimulai pada Desember 2006 ketika aula olahraga di Eton Manor diruntuhkan. Wisma atlet di Portland selesai dibangun pada September 2011.

Pada bulan November 2004, rencana Olympic Park seluas 500 are diluncurkan. Rencana situs ini disahkan pada September 2004 oleh pemerintah Tower Hamlets, Newham, Hackney dan Waltham Forest. Pembangunan ulang wilayah ini untuk membangun Olympic Park membutuhkan perintah pembelian wajib properti. London Development Agency dan London and Continental Railways memiliki sengketa atas perintah ini pada November 2005. LCR menuduh LDA mematikan pembangunan di wilayah tersebut. LDA berencana membeli tanah untuk proyek pembangunan Stratford City bersama Olympic Park, yang akan mengubah lahan Stratford Rail Lands seluas 180 are menjadi pembangunan campuran yang mencakup 4.500 rumah baru, perkantoran, hotel dan pertokoan. Rencana tersebut rampung pada tahun 2011 dengan selesainya pembangunan pusat perbelanjaan perkotaan terbesar di Eropa yang dioperasikan Westfield. Pada May 2006, 86% lahan telah dibeli, sementara para pebisnis menolak pengusiran. Hal ini mendorong dilakukannya pemeriksaan. 206 perusahaan diwajibkan pindah pada bulan Juli 2007. Selain itu, penduduk yang menolak pengusiran mencari cara untuk menghentikannya dengan membuat kampanye. Sayangnya, mereka harus pergi karena 94% lahan telah dibeli dan 6% sisanya dibeli ketika proyek regenerasi senilai £9 miliar dimulai.
Tetapi, ada sejumlah masalah pada gelanggang awal akibat belum dicoba atau gagal secara finansial. Misalnya, balap jalanan awalnya dijadwalkan diadakan di Regent's Park dan Hampstead Heath, tetapi dipindahkan dengan garis awal dan akhir di The Mall di Central London dan rute menuju Surrey di selatan dan mengitari Box Hill. Ajang balap sepeda Olympic Mountain akan diadakan di Hadleigh Farm, dipindahkan dari Weald Country Park, setelah UCI menyatakan lintasan di taman tersebut "terlalu mudah" pada bulan Juli 2008 Muncul kabar bahwa lintasan sepeda akan dibangun di Wales. Sebuah lokasi di Kent juga sempat dipertimbangkan.
 
Lintasan maraton Olimpiade, yang direncanakan berakhir di stadion Olimpiade, dipindahkan ke mal. Ide ini dikecam oleh sejumlah anggota komunitas lokal yang menyatakan bahwa mereka diabaikan dari Olimpiade, meski ajang tersebut diadakan di halaman belakang mereka, tidak ada acara yang akan dilaksanakan di borough mereka. Perubahan tersebut dilakukan karena jika Tower Bridge ditutup, maka akan terjadi kemacetan total di London. North Greenwich Arena 2 dibatalkan dalam operasi pemangkasan biaya, dan Wembley Arena dipakai untuk badminton dan senam ritmik.

| BERANDA |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALIF's BLOG