Subscribe:
Favicon1
Tukeran Banner

Jumat, 20 Januari 2012

Pluto Bukan Planet Lagi

Pluto pertama kali ditemukan pada tahun 1930 oleh Clyde W. Tombaugh di Observatorium Lowell di Flagstaff Arizona. Para astronom telah lama meramalkan bahwa akan ada sebuah planet kesembilan dalam sistem tata surya yang mereka sebut Planet X. Saat itu Tombaugh baru berusia 22 tahun dan mendapatkan tugas membandingkan plat fotografi benda langit.Setelah setahun pengamatan, Tombaugh akhirnya menemukan apa yang disebut para astronom sebagai planet X.

Planet baru tersebut diberi nama Pluto atas saran seorang anak sekolah berusia 11 tahun. Pluto merupakan nama dewa alam bawah bumi (underworld) bangsa Romawi. Para astronom tidak mengetahui massa Pluto secara pasti sampai penemuan bulan terbesar Pluto, Charon, pada tahun 1978. Pluto ditaksir memiliki massa 0,0021 kali massa Bumi dengan diameter sekitar 2.400 km. Ukuran Pluto termasuk kecil, tapi saat itu Pluto dianggap yang terbesar dari semua benda langit yang mengorbit setelah Neptunus.

Sejalan dengan perkembangan teknologi dan metode observasi, para astronom akhirnya menemukan bahwa alih-alih menjadi satu-satunya objek, sebenarnya terdapat banyak benda langit di sekitar Pluto yang disebut Sabuk Kuiper. Sabuk Kuiper terbentang dari orbit luar Neptunus hingga 55 unit astronomi (55 kali jarak Bumi ke Matahari). Para astronom memperkirakan ada setidaknya 70.000 benda langit dengan komposisi yang sama seperti Pluto yang memiliki berdiameter 100 km atau lebih di Sabuk Kuiper.

Akhirnya pada tahun 2005, Mike Brown dan timnya menemukan suatu objek, lebih jauh dari orbit Pluto yang mungkin berukuran sama, atau bahkan lebih besar dari Pluto. Objek ini dinamakan 2003 UB313 yang dikenal pula sebagai Eris. Eris memiliki diameter sekitar 2.600 km dan massa 25% lebih besar dari Pluto Akibat penemuan ini Pluto bukan lagi sebuah planet melainkan hanya salah satu objek di Sabuk Kuiper. Sejak saat itu, Pluto kehilangan statusnya sebagai planet dan hanya dinamakan sebagai planet kerdil (dwarf planet).

| BERANDA |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALIF's BLOG